Minggu, 06 Oktober 2019

Karya Ilmiah Daun Sirsak


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
       Kanker merupakan masalah paling utama dalam bidang kedokteran dan merupakan salah satu dari 10 penyebab kematian utama di dunia serta merupakan penyakit keganasan yang bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya karena sel kanker merusak sel lain. Sel kanker adalah sel normal yang mengalami mutasi/perubahan genetik dan tumbuh tanpa terkoordinasi dengan sel-sel tubuh lain. Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak. Sebaliknya sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal, sehingga mengganggu organ yang ditempatinya. Kanker dapat terjadi diberbagai jaringan dalam berbagai organ di setiap tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. Bila kanker terjadi di bagian permukaan tubuh, akan mudah diketahui dan diobati. Namun bila terjadi didalam tubuh, kanker itu akan sulit diketahui dan kadang - kadang tidak memiliki gejala. Kalaupun timbul gejala, biasanya sudah stadium lanjut sehingga sulit diobati.
       Dalam beberapa tahun terakhir ini berbagai media cetak banyak mempublikasikan artikel mengenai khasiat tanaman sirsak. Dari banyak manfaat sirsak untuk pengobatan, yang sangat menonjol sebagai obat kanker. Ternyata sirsak berkhasiat sebagai obat kemoterapi alami yang sangat mencengangkan dengan kekuatan 10.000 kali lebih kuat dari obat kanker adriamycin. Sungguh luar biasa!
       Selain membunuh sel kanker, graviola atau soursop ini juga berkhasiat sebagai antibakteri, antivirus, antioksidan, antijamur, antiparasit, antihipertensi, antistres, dan menyehatkan sistem saraf. Tak heran jika zuurzak alias si kantung asam kini mendapat julukan buah ajaib yang ampuh menumpas aneka penyakit dari bisul hingga kanker.
       Indonesia sebagai negara tropis yang kaya berbagai sumber alam termasuk buah-buahan berkhasiat obat, semestinya juga terus mengembangkan riset di bidang ini. Selain itu, dapat memproduksi berbagai obat alami yang efektif, aman, dan harganya terjangkau guna memwujudkan kesehatan serta kesejahteraan rakyat.
      

1.2  Perumusan Masalah
       Adapun rumusan masalah dalam makalah ini, ialah sebagai berikut.
a)      Bagaimanakah kandungan gizi di dalam buah sirsak?
b)      Apa sajakah manfaat buah sirsak?
c)      Bagaimanakah penelitian buah sirsak terhadap penyakit kanker?

1.3 Tujuan Penulisan
       Menjelaskan kepada masyarakat awam akan banyaknya manfaat yang bisa kita ambil dari buah sirsak, misalnya untuk penyakit kanker.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1      Kandungan Sirsak
·         Daun Sirsak
            Daun sirsak mengandung senyawa monotetrahidrofuran asetogenin, seperti anomurisin A dan B, gigantetrosin A, annonasin-10-one, murikatosin A dan B, annonasin, dan goniotalamisin. Khasiat senyawa-senyawa ini untuk pengobatan berbagai penyakit.
Daun dan batang sirsak juga mengandung senyawa tanin, fitosterol, kalsium oksalat, serta alkaloid murisin. Asam hidrosianik dalam jumlah tinggi terdapat pada kulit kayu pohon sirsak serta jumlah yang lebih sedikit ditemukan dalam akar dan daun sirsak.

·         Manfaat Sirsak
Sisak Sebagai Obat
1)      Sakit Pinggang
20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
2)      Bayi Mencret
Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
3)      Ambeien.
Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
4)      Bisul.
Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul.
5)      Anyang-anyangen.
Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.
6)      Sakit kandung air seni
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
7)      Penyakit Liver
Puasa makanan lain, hanya minum juice sirsak selama 1 minggu.
8)      Eksim dan Rematik
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit
9)      Obat Nyamuk
Daun dan biji sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat nyamuk. Resep ini merupakan hasil penelitian Dr.Sugeng Juwono Purwohusodo dari Yogyakarta.
10)  Kutu Kepala
Rebusan daun sirsak dapat digunakan untuk pengobatan kutu kepala.
11)  Migran
Konsumsi jus buah sirsak segar yang disampur dengan madu dapat membantu mengobati migran
12)  Anemia
Buah sirsak mengandung cukup zat besi selain itu sirsak juga mengandung vitamin C yang sangat diperlukan untuk membantu penyerapan zat besi di dalam saluran pencernaan. Konsumsi jus sirsak 2-3 kali sehari.
13)  Kolestrol Tinggi
Buah sirsak segar bila dikonsumsi secara teratur dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL karena mengandung niasin.
14)  Diare
Penyakit diare dapat diatasi dengan mengkonsumsi sari buah sirsak
15)  Demam
Anak-anak maupun orang dewasa yang menderita demam dapat mengkonsumsi buah sirsak masak segar untuk menurunkan demamnya.
16)  Lepra
Jus buah sirsak segar diminum pada saat perut kosong secara rutin dapat menyembuhkan lepra.
17)  Kaki Bengkak
Kaki bengkak dapat diobati dengan menggunakan rebusan daun sirsak sebagai kompres.
18)  Sariawan
Makanlah buah sirsak segar atau minum jus buah segar secukupnya setiap hari.
19)  Disentri
Penyakit disentri dapat diatasi dengan buah sirsak. Caranya, buah sirsak mentah dicuci bersih, dikupas kulitnya, lalu dibuang bijinya. Kemudian, makan daging sirsak 2-3 kali sehari.
20)  Menghentikan Kebiasaan Merokok
Racikan Sirsak untuk Mengobati dan Pencegahan Kanker.

·         Pengobatan Kanker
            Selain menggunakan herbal amtikanker, seperti kunyit putih,jintan hitam,temu putih,dan jambu biji,pengobatan penyakit dapat ditambahkan dengan sirsak. Resep yang dianjurkan adalah jus buah segar dan rebusan daun sirsak. Konsumsi jus sirsak sebaiknya dua kali sehari masing-masing sebanyak 1 gelas. Selain itu, minum rebusan daun sirsak juga dianjurkan bagi penderita kanker.
Cara membuat rebusan daun sirsak sebagai berikut.
a)      Rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan 3 gelas air.
b)      Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan air menguap hingga tersisa 1 gelas.
c)      Minum 2 kali sehari 1 gelas untuk penderita kanker.

·         Pencegahan Kanker
            Mengkonsumsi sirsak secara rutin juga berkhasiat mencegah timbulnya penyakit kanker. Resep untuk pencegahan penyakit kanker adalah sebagai berikut.
a)      Rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan 3 gelas air.
b)      Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan air menguap hingga tersisa 1 gelas.
c)      Minum air rebusan daun sirsak 2 kali sehari secara rutin.






BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
       Berdasarkan uraian diatas dapat di simpulkan bahwa, sirsak mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan,seperti sirsak yang terbukti mampun mematikan sel kanker. Selain dapat membunuh sel kanker, sirsak juga dapat mengobati penyakit seperti bisul,keracunan,penyakit hati,diare,asam urat,ambeien,infeksi kandung kemih,migran, anemia, kolestrol tinggi, sakit pinggang, demam, kaki bengkak, lepra, batuk, kejang, disentri, dan bahkan dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok.
       Kandungan yang terdapat pada sirsak antara lain , serat,vitamin,karbohidrat dan lemak. Kandungan yang paling banyak terdapat pada daging buah sirsak adalah karbohidrat. Pada daun sirsak mengandung senyawa monotetrahidrofuran asetogenin, seperti anomurisin A dan B, gigantetrosin A, annonasin-10-one, murikatosin A dan B, annonasin, dan goniotalamisin. Sedangkan pada biji sirsak mengandung 8% air, 2% protein, 13% abu, 8% serat, 20% lemak, dan 47% karbohidrat. Selain itu, biji sirsak mengandung 0,2% mineral/abu yang larut dalam air, 0,8% asam yang dapat dititrasi, dan 17 mg kalsium/100 g, sehingga biji sirsak dapat dijadikan pestisida alami yang mampu membunuh larva hama dan penyakit tanaman.
Racikan sirsak untuk mengobati dan pencegahan kanker
a.       Pengobatan Kanker
            Selain menggunakan herbal amtikanker, seperti kunyit putih,jintan hitam,temu putih,dan jambu biji,pengobatan penyakit dapat ditambahkan dengan sirsak.
Resep yang dianjurkan adalah jus buah segar dan rebusan daun sirsak. Konsumsi jus sirsak sebaiknya dua kali sehari masing-masing sebanyak 1 gelas. Selain itu, minum rebusan daun sirsak juga dianjurkan bagi penderita kanker.
Cara membuat rebusan daun sirsak sebagai berikut.
a)      Rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan 3 gelas air.
b)      Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan air menguap hingga tersisa 1 gelas.
c)      Minum 2 kali sehari 1 gelas untuk penderita kanker.

b.      Pencegahan Kanker
            Mengkonsumsi sirsak secara rutin juga berkhasiat mencegah timbulnya penyakit kanker. Resep untuk pencegahan penyakit kanker adalah sebagai berikut.
a)      Rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan 3 gelas air.
b)      Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan air menguap hingga tersisa 1 gelas.
c)      Minum air rebusan daun sirsak 2 kali sehari secara rutin

3.2 Saran
Berdasarkan isi dan simpulan yang telah dibahas secara singkat dari kandungan dalam buah sirsak yang memiliki banyak manfaat. Sehingga penulis memiliki saran seperti berikut:
·            Resep untuk pengobatan kanker harus terus dilakukan sampai kankernya sembuh. Menurut pengalaman penderita yang telah menggunakan ramuan ini merasakan badannya panas seperti efek kemoterapi. Selama menjalani pengobatan dengan sirsak, sebaiknya penderita kanker tetap berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter untuk mengevaluasi penyakitnya, baik berupa pemeriksaan klinis, laboratorium, maupun radiologi.







DAFTAR PUSTAKA

·         Suranto,Adji. 2011. Dahsyatnya Sirsak tumpas Penyakit.Jakarta: Pustaka Bunda.
·         Guerre,Julia(2010).Manfaat Buah Sirsak/Sirsat Sebagai Obat Kanker, dll. From http://www.ibujempol.com/manfaat-buah-sirsak-sirsat-sebagai-obat-kanker-dll/,
·         Syukur,Abdullah(2011).Ketahui Hebatnya Manfaat Jus Sirsak. From http://turunberatbadan.com/2294/manfaat-jus-sirsak/, Yulianti,Fitri(2011).Daun Sirsak Sang Pembunuh Sel Kanker. From http://lifestyle.okezone.com/read/2011/04/05/195/442603/daun-sirsak-sang-pembunuh-sel-kanker,
·         Agrina(2011).Sirsak Dahsyat Lawan Kanker. From http://www.agrina-online.com/show_article.php?rid=12&aid=3013,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Renang

BAB I  Pendahuluan  1.1. Dasar Pembuatan makalah ini tentang bidang olahraga “renang” yang dibuat untuk memenuhi tugas Pendidikan J...