Kamis, 10 Oktober 2019

Karya ilmiah Manfaat Lidah Buaya


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan Karya ilmiah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga Karya ilmiah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.
            Harapan saya semoga Karya ilmiah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca.
Karya ilmiah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan Karya Tulis Ilmiah ini.

Bekasi, 07 Mei 2019



             DokumenQ












DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ..........................................................................................              i
DAFTAR ISI .........................................................................................................               ii

BAB I
PENDAHULUAN ................................................................................................               1
1.1 Latar Belakang ..............................................................................................                1
1.2 Tujuan Penelitian ..........................................................................................                 1
1.3 Rumusan Masalah .........................................................................................                1

BAB II
PEMBAHASAN ...................................................................................................               2
2.1Lidah Buaya (Aloe Vera) ..............................................................................                2
2.2 Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya ..............................................................               3

BAB III
PENUTUP ...........................................................................................................                 5
3.1 Kesimpulan ....................................................................................................                 5
3.2 Saran  ..............................................................................................................                5
DAFTAR PUSTAKA ..........................................................................................               6



BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Lidah Buaya atau Aloe Vera yang berasal dari bahasa latin Aloe barbadensis Milleer adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.
Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

1.2 Tujuan Penelitian
Memberikan  pengetahuan mengenai tanaman lidah buaya khususnya dalam pemanfaatannya.

1.3 Rumusan Masalah
Dari pembahasan karya ilmiah ini ada beberapa masalah yang timbul, diantaranya adalah:
·         Apakah Manfaat dan khasiat lidah buaya?
·         Bagaimana cara pemanfaatan lidah buaya?
·         Mengapa banyak masyarakat yang tidak mengetahui manfaat lidah buaya?
·         Apa yang membuat lidah buaya memiliki banyak manfaat?


BAB II
PEMBAHASAN

2.1Lidah Buaya (Aloe Vera)
             Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.
Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.
Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.
Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta,[3] sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.
Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.


2.2 Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya
Adapun berbagai macam manfaat dan khasiat dari lidah buaya diantaranya sebagai berikut :
1.      Manfaat dan Khasiat Lidah buaya Untuk Kesehatan
Selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga dikenal berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit. Di antaranya diabetes melitus dan serangan jantung.
Lidah buaya atau Aloevera adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini sudah digunakan bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM.Bangsa Mesir kuno sudah mengenal khasiat lidah buaya sebagai obat sekitar tahun 1500 SM. Berkat khasiatnya, masyarakat Mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian.
Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit. Misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan.
Dalam laporannya, Fujio L. Panggabean, seorang peneliti dan pemerhati tanaman obat, mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya tak lain karena tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidah buaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga.

2.      Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan
Semenjak Zaman-Zaman Kerajaan tanaman Lidah Buaya (Aloe vera) telah banyak digunakan untuk bidang kesehatan dan perawatan kecantikan. Beberapa manfaat penggunaan lidah buaya, yaitu untuk mencegah serangan jantung, mengatasi jerawat, dan menghitamkan rambut. Berikut cara membuat masker lidah buaya untuk kulit wajah                           
                 Masker lidah buaya untuk kulit cerah : Bahan : Lidah buaya, Kunyit, Madu, Susu, air mawar. Metode : Buat bentuk pasta dengan sejumput kunyit , 1 sendok teh madu , 1 sendok teh susu dan beberapa tetes air mawar. Tambahkan gel lidah buaya kedalam pasta, dan campurkan dengan baik. Jika Anda telah memotong gel lidah buaya menjadi bentuk dadu, Anda perlu mengaduknya hingga lembut. Campur seluruh campuran supaya membentuk pasta. Oleskan pasta secara merata pada wajah serta leher selama sekitar 20 menit . Kemudian cuci wajah dengan air hangat atau dingin, setelah itu keringkan dengan handup bersih untuk mendapatkan kulit yang cerah bersinar.
Lidah buaya memiliki daun yang bergerigi pada tepinya. Baik daging (isi) dan daunnya dapat dimanfaatkan. Tanaman ini mengandung berbagai macam senyawa yang sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan terutama bagi wanita. Beberapa di antaranya, yaitu:
                 Lignin, bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit dan menjadikan kulit lebih cantik.
                 Glikoprotein, berperan dalam menghasilkan rambut yang lembut dan indah.
                 Antrakuinon dan asam amino yang bermanfaat dalam regenerasi sel kulit.

Pemanfaatan lidah buaya dapat dalam bentuk minuman, seperti minuman anti jerawat (lebih jelasnya lihat artikel bertajuk Anti Jerawat”) dan masker wajah.
Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.
Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta,[1] sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.







BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan :
·           Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga bermanfaat bagi penyakit misalnya mampu menurunkan gula darah pada diabetesi yang tidak tergantung insulin.
·           Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera juga bermanfaat bagi perawatan kulit dan perawatan kecantikan.
·           Selain itu juga lidah buaya dapat dipergunakan sebagai obat dari berbagai penyakit seperti bisul, kulit memar, bibir pecah-pecah, rambut rontok, wasir, dan radang.

3.2 Saran
Dari hasil penelitian diatas kita dapat mengetahui kandungan serta manfaat yang dimiliki tanaman lidah buaya. Dengan mengetahui manfaat tanaman lidah buaya kita dapat memanfaatkannya baik untuk kesehatan, perawatan kulit, kecantikan dan lain sebagainya. Akan tetapi dalam pemanfaatannya jangan terlalu berlebihan dikarenakan sampai sekarang belum  ditemukan efek sampingnya serta harus diperhatikan karena sifat lidah buaya hampir sama dengan sifat buah apel yang cepat terkontaminasi dengan udara.








DAFTAR PUSTAKA

·         http://asninhiny29.blogspot.co.id/2012/08/karya-ilmiah-manfaat-tanaman-lidah-buaya.html
·         https://id.wikipedia.org/wiki/Lidah_buaya
·         http://wwwnanialghifari.blogspot.co.id/2012/02/makalah-tentang-manfaat-dan-khasiat.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Renang

BAB I  Pendahuluan  1.1. Dasar Pembuatan makalah ini tentang bidang olahraga “renang” yang dibuat untuk memenuhi tugas Pendidikan J...